Minggu, 30 Mei 2010

Entity Relational Diagram (ERD)


Entity Relational Diagram merupakan salah satu pemodelan data konseptual yang paling sering digunakan dalam proses pengembangan basis data bertipe relational. Model E-R adalah rincian yang merupakan representasi logika dari data pada suatu organisasi atau area bisnis tertentu.
ENTITAS
Entitas adalah suatu atau objek didunia nyata yang dapat dibedakan dari suatu atau objek lainnya. Contoh, Setiap karyawan dan Bengkel dalam suatu perusahaan adalah entitas.
ATRIBUT
Atribut adalah property deskriptif yang dimiliki setiap anggota dari himpunan entitas. Contoh, Pada entitas karyawan memiliki atribut-atribut seperti NIP, Nama Karyawan, dan Divisi yang ia tempati.
HUBUNGAN ANTAR RELASI
Hubungan antar relasi adalah hubungan antara suatu himpunan entitas yang lainnya. Contoh, entitas karyawan memiliki hubungan tertentu dengan entitas bengkel. Pada penggambaran E-R, relasi adalah perekat yang menghubungkan suaru entitas dengan entitas yang lainnya.
KARDINALITAS/DERAJAT RELASI
Kardinalitas relasi menunjukan jumlah maksimum entitas yang dapat berelasi dengan entitas pada himpunan entitas yang lain.
Kardinalitas relasi yang terjadi diantara dua himpunan entitas dapat berupa :
Satu ke Satu (One to One)
Setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas B, begitupun sebaliknya.
Satu ke Banyak (One to Many)
Setiap entitas pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, Tetapi tidak sebaliknya dengan entitas, dimana setiap entitas pada himpunan entitas B berhubungan dengan paling banyak dengan satu entitas pada himpunan entitas A.
Banyak ke Satu (Many to One)
Setiap entitas pada himpunan entitas A berhubungan dengan paling banyakvdengan satu entitas pada himpunan entitas B, tetapi tidak sebaliknya dengan entitas B.
Banyak ke Banyak (Many to Many)
Setiap entitas pada pada himpunan entitas A dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas B, dan demikian sebaliknya, dimana setiap entitas pada himpunan entitas B dapat berhubungan dengan banyak entitas pada himpunan entitas A.

Berikut adalah ERD dari “ Proses Permintaan Perbaikan dan Proses Laporan Perbaikan Pada Bengkel “:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar