Senin, 24 Mei 2010

Struktur Organisasi

Organisasi adalah merupakan suatu wadah, badan atau tempat berkumpulnya sumber daya yang merupakan kesatuan untuk yang dalam kegiatannya saling berhubungan guna mencapai suatu tujuan bersama. Organisasi yang di dalamnya banyak bermacam fungsi dan wewenang pada setiap bagiannya diperlukan sebuah struktur organisasi. Dengan adanya struktur organisasi, akan terlihat jelas wewenang dan tanggung jawab dalam setiap kegiatan organisasi tersebut.
Dalam mendayagunakan kemampuan karyawan, perusahaan membagi dalam beberapa bagian yang memiliki tugas dan wewenang masing-masing antara lain :
1. President Director
a. Menetapkan strategi, tujuan utama dan kebijakan pengembangan perusahaan.
b. Mengkoordinasikan degitan semua divisi agar berjalan lebih efektif sesuai dengan tujuan yang telah ditetapkan.
c. Menetapkan jumlah anggaran dan aliran kas keuangan perusahaan.
d. Menetapkan pengambilan keputusan untuk dan atas nama perusahaan.
e. Mencari ide-ide baru yang dianggap dapat meningkatkan serta mendukung dalam kemajuan perusahaan.
2. Cash Service Director
a. Menangani divisi ATM, Cashguard & CPC.
b. Menjamin kesesuaian kontrak pelanggan.
c. Menyetujui kontrak dan service order.
d. Bertanggung jawab kepada President Director.

3. Security Services Director
a. Menangani divisi guarding, cargo, internal security, information techno-logy, ops. Training, HSE & QA.
b. Bertanggung jawab langsung kepada President Director.
c. Menyetujui kontrak yang berhubungan dengan jasa keamanan guarding.
d. Menjamin kesesuaian kontrak pelanggan.
4. Guarding Department
a. Memastikan bahwa kontrak pelanggan dapat dipenuhi.
b. Memastikan guard yang akan dikirim ke pelanggan.
c. Menyiapkan dokumen yang berhubungan dengan guard yang akan dikirim ke pelanggan.
5. Cargo Department
a. Melakukan proses pengiriman barang berharga, seperti emas batangan.
b. Melakukan pengepakan dan bongkar muat barang.
6. Internal Security Department
a. Mengawasi para pekerja lapangan dalam melakukan tugas atau pekerjaan dan apakash sudah sesuai dengan prosedur.
b. Mencari informasi mengenai kebenaran data karyawan (tentang keluarga, rumah dan status kepemilikannya).
7. Information Technology Department
a. Membuat dan menguji program aplikasi.
b. Mengenalkan aplikasi yang akan digunakan pada tiap-tiap bagian.
c. Mendukung seluruh bagian dengan sistem berbasis komputer.
d. Melakukan maintenance terhadap aplikasi yang ada.
e. Memastikan bahwa aplikasi tersebut dapat sepenuhnya membantu proses bisnis.
8. Operasional Training Department
a. Pelatihan karyawan baru.
b. Memberikan dorongan motivasi kerja kepada para karyawan.
9. Electronic System General Manager
a. Membawahi divisi engineering, commercial, finance and accounting.
b. Bertanggung langsung kepada President Director.
c. Menerima dan menyetujui kontrak yang berhubungan dengan pemesanan alarm dan peralatan pendukungnya.
10. Engineering Department
a. Mengirim dan memasang produk keamanan yang dipesan pelanggan.
b. Memastikan bahwa semua peralatan yang ada dapat berjalan sesuai dengan fungsinya.
c. Melakukan maintenance terhadap pema-sangan alarm dan peralatan pendu-kungnya.
d. Memastikan bahwa larm dan peralatan pendukungnya dipasang sesuai dengan keamanan pelanggan.
e. Memastikan bahwa alarm dan peralatan pendukungnya dalam kondisi baik.
11. Commercial Department
a. Mempresentasikan produk kepada pelanggan.
12. Finance and Accounting Department
a. Memperhitungkan biaya yang keluar untuk produksi.
b. Membuat kontrak penjualan.
c. Membuat surat order penjualan.
d. Membuat laporan keuangan mengenai penjualan alarm dan peralatan pendukungnya.
e. Membuat perhitungan rugi laba, terutama yang berhubungan dengan pengeluaran pada electronic system department.
f. Membuat bukti pembayaran.
g. Membuat surat order pembelian.
13. Finance Department
a. Merencanakan anggaran keuangan perusahaan.
b. Mengelola dana dan kas anggaran perusahaan.
c. Menetapkan kebijaksanaan dalam bidang akuntasi dan keuangan.
d. Menetapkan tujuan dan sasaran pengelolaan keuangan perusahaan.
e. Memimpin, mengatur, mengawasi pelaksanaan kebijaksanaan akuntansi yang telah ditetapkan.
f. Membuat keputusan-keputusan dan mengatasi permasalahan-permasalahan kritis mengenai keuangan perusahaan.
14. Senior Sales and Marketing Department
a. Membuat promosi untuk cash services dan manned garding.
b. Membuat kontrak penjualan.
15. HR Manager
a. Mengelola kebutuhan sumber daya manusia.
b. Mengelola dan memelihara sumber daya manusia perusahaan untuk mencapai kinerja yang diharapkan perusahaan.
c. Memastikan pengelolaan sumber daya manusia sesuai dengan peraturan perundangan.
d. Mempertahankan sumber daya yang potensial.
16. Recruiting Department
a. Menghubungi pelamar untuk melakukan wawancara.
b. Melakukan penyeleksian pelamar.
17. Payroll Department
a. menghitung gaji karyawan.
b. Mendistribusikan gaji kepada karya-wan.
c. Membuat laporan slip penggajian.
18. Welfare Department
Meningkatkan kesejahteraan para karyawan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar