Minggu, 30 Mei 2010

Profil Perusahaan

PT. X Indonesia adalah perusahaan yang bergerak dalam bidang jasa keamanan dan dan dibagi dalam tiga lingkup jenis pengamanan, yaitu
a. Cash Services, menawarkan keamanan bukan hanya dalam pengawalan dalam mengantar uang, tetapi juga bisa berupa perhiasan dan barang-barang berharga lainnya dalam jumlah yang sangat besar.
b. Manned Guarding, memberikan pengamanan dalam bidang penyediaan sumber daya manusianya, yaitu seperti pengadaan satpam.
c. Electronic Security System, menawarkan keamanan berupa penyediaan alarm dan perlengkapan keamanan lainnya

X pertama berdiri di Inggris, beroperasi sebagai penjaga malam (night guards) dengan menggunakan armada sepeda serta berseragama seperti polisi dengan tugas melakukan pengontrolan di antara rumah penduduk untuk menangkap pencuri. Selama perang dunia ke-2, X mengalami masa-masa sulit tetapi setelah tahun 50-an, X kembali menjalankan bisnisnya dengan mempekerjakan 300 karyawan di sekitar daerah London, Kelompok penjaga malam ini kemudian dikenal sebagai “X”. Tetapi dengan nama ini, pemerintah Inggris menilai terlalu berbau militerisme sehingga nama tersebut dipersingkat menjadi X sampai dengan sekarang.
Tahun 60-an dikenal sebagai masa ekspansi bagi X. Kerjasama dengan Malaysia diikuti dengan mendirikan base di Hongkong. Pertumbuhan di daerah Asia ini kemudian semakin melebar ke China, Taiwan, Macau, Brunei, Malaysia, Thailand dan Indonesia. Total keseluruhan karyawan di wilayah Asia pada saat itu mempekerjakan 14.000 karyawan.
Ekspansi terus berlanjut di sekitar tahun 70-an dan 80-an. Pada masa ini X mandapat izin untuk merancang kendaraan lapis baja sendiri yang dilengkapi dengan senjata dan peralatan telekomunikasi. Alat ini memungkinkan untuk selalu berhubungan dengan stasiun statis (control room yaitu divisi yang memiliki tiga fungsi kontrol radio, telepon, alarm, dan penggunaan kunci) serta berfungsi juga sebagai alat pelacak keberadaan kendaraan tersebut (GPS, Global Positioning System). Dengan keahlian dalam spesialisasi kendaraan dan teknologi komunikasi tersebut telah membuat X semakin dikenal oleh banyak kalangan.
Kini X adalah salah satu dari 3 besar perusahaan jasa keamanan ternama di dunia yang mempekerjakan lebih dari 125.000 karyawan di 50 negara. X memiliki pengalaman dalam pelayanan seperti Cash Services, Manned Guarding, and Electronic System. Layana bertaraf international ini dengan pengalaman lebih dari 68 tahun beroperasi di 5 benua (Asia, Eropa, Afrika, Australia dan Amerika).
X di Indonesia pada tahun 1994 sebagai perusahaan internasional pertama yang bergerak dalam bidang jasa keamanan dengan nama PT. X Indonesia yang menyediakan jasa keamanan di bidang Cash Services, Manned Guarding, and Electronic System. PT. X Indonesia berstatus sebagai distributor tunggal di Indonesia dan merangkap sebagai kantor pusat dan perwakilan X Groups di Inggris.
PT. X Indonesia berlokasi di Kawasan Komersial Cilandak.
Berikut beberapa jenis pelayanan (services) yang ditawarkan oleh PT. X Indonesia :
1. Cash Services
PT. X Indonesia menawarkan solusi inovatif bagi klien untuk menemukan jalan keluara dalam operasional tentang cash services mereka. Contoh dari kegiatan tersebut seperti Cash In Transit, Cash and Coin Management, Automatic Teller Machine Management (ATM) dan Secure Distribution Services. Semua layanan tersebut dilindungi dengan jaminan asuransi penuh. Seluruh kegiatan operasional Cash Services dikontrol dari Control Room yang beroperasi 24 jam. PT. X indoonesia juga adalah satu-satunya perusahaan yang menyediakan layanan ambil dan antar barang bernilai tinggi secara internasional seperti emas, intan dan perak.
Layanan uang tunai menawarkan layanan lengkap untuk pengelolaan uang tunai termasuk :
a. Transportasi
b. Layanan pengelolaan uang tunai (transportasi, simpan dan sortir uang).
c. Pengelolaan ATM (pengisian uang dan perawatan mesin ATM).
Layanan uang tunai bertujuan untuk memaksimalkan penggunaan uang sehingga lebih bernilai dan meminimalkan kemungkinan kerugian yang diakibatkan dari pengendapan uang.
Layanan ini termasuk pengambilan dan penyetoran uang, pemroresan uang tunai sesuai dengan standar Bank Indonesia (hitung, sortir, konsolidasi dan verifikasi), penyimpanan dan distribusi uang tunai ke Bank Indonesia atau bank lainnya.
Layanan ini termasuk memperkirakan penggunaan uang ATM, pengisian kaset uang ke mesin ATM, monitor saldo dan perawatan mesin ATM. Penggunaan layanan jasa pengelolaan uang tunai ini adalah bank, perusahaan retail dan perusahaan industri lainnya.
2. Manned Guarding
Lebih dikenal sebagai Satuan Pengamanan (SATPAM) yaity security personnel yang terlatih untuk memberikan pelayanan keamanan. PT. X Indonesia menyediakan layanan lengkap baik untuk bank, hotel, kantor, area komersial, industri maupun perumahan. Tergantung dari permintaan pelanggan, Satpam tersebut dapat juga dilatih sebagai penerima tamu, officer (petugas) proteksi alarm kebakaran dan operator kendaraan.
Dengan semakin pesatnya perkembangan teknologi serta tekad untuk selalu memberikan solusi keamanan terkini, PT. X Indonesia telah mengembangkan konsep keamanan terintegrasi yang bertujuan untuk memberikan pelayanan proteksi aset pelanggan dengan biaya seminimal mungkin. Hal ini dilakukan dengan cara mengkombinasikan faktor manusia dengan sistem alarm yang ada sehingga lebih murah bila dibandingkan hanya dengan menggunakan petugas Satpam. Sistem ini dimonitor langsung oleh control room yang ada di PT. X Indonesia selama 24 jam. Layanan solusi kemanan terpadu ini antara lain
a. Satpam statis yang bergerak (patrol).
b. Patroli mobil (patrol car).
c. Alat monitor dan respon sistem alarm.
d. Keamanan pada waktu khusus seperti pameran dan festival.
3. Electronic Security System
Menyediakan jasa layanan dan instalasi sistem alarm keamanan seperti intruder alarm, CCTV (Close Circuit Television), DVR (Digital Video Recording) serta melakukan pemonitoran. PT. X Indonesia meng-install dan memonitor sistem keamanan pelanggan, baik perumahan, kantor atau pabrik (industri). Sistem alarm ditempatkan di tempat pelanggan yang dimonitor oleh ruang kontrol selama 24 jam per hari, 365 hari per tahun. PT. X Indonesia juga memiliki tim patroli san response team yang didukung polisi bersenjata. Jasa layanan di atas termasuk supervisor on duty dan petugas maintenance yang dapat dipanggil selama 24 jam per hari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar